Tips: Belanja Online Aman, Mudah, dan Murah


Tidak bisa dipungkiri lagi, perkembangan e-commerce di Indonesia begitu tinggi. Dengan penetrasi jumlah pengguna internet yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, membuat Indonesia menjadi sasaran paling tepat untuk para pengusaha bisnis toko online. Jika dihitung, ada puluhan toko online baru yang bermunculan, tentu dengan berbagai macam jualan yang berbeda-beda dan juga promo yang semakin menarik. Hal ini semakin membuat para netizen yang ingin bebrlanja semakin dimudahkan. Tinggal klik, bayar, tinggal tunggu barang sampai di rumah. Bahkan, ada juga yang menawarkan COD (Cash On Delivery) dengan memberikan kita kemudahan untuk membayar saat barang sudah sampai di tujuan.

Ada banyak yang sampai ketagihan untuk kembali berbelanja karena sudah percaya dengan toko online tertentu, tapi banyak juga yang mempunyai cerita yang bertolak belakang. Memang, dengan semakin majunya teknologi, semakin beragam pula modus penipuan di jagat maya yang menggunakan kesempatan menjamurnya bisnis toko online di Indonesia.

Sebagai salah satu konsumen yang sering bisa dibilang rutin berbelanja online di berbagai situs belanja online, saya ingin berbagi tips Belanja Online yang Aman dan Mudah:



1. Pastikan toko online tempat anda berbelanja memiliki reputasi yang baik.

Ada banyak cara mengetahui apakah toko online yang anda tuju benar-benar ada.
  • Lihat domain yang digunakan oleh toko online. Jika masih menggunakan domain gratisan seperti blogspot.com dan wordpress.com anda patut waspada dan lebih baik cari toko online lain. Domain gratisan tersebut bisa digunakan oleh siapa saja dengan gratis dan akan sulit melacak ke-valid-an tokok online tersebut karena memang domain gratisan tersebut memang ditujukan untuk blog pribadi. 
  • Jika domain sudah memenuhi syarat, sekarang lihatlah nomer telepon pusat bantuan/costumer service toko online tersebut. Jika toko hanya memberikan nomer mobile (awalan +6281, +6282, +6285, +6288, dll), PIN BBM, nomer WhatsApp, dan nomer kontak lain tanpa menyertakan nomer telepon kantor (biasanya nomer telepon dari Telkom dengan awalan kode daerah: 021 untuk Jakarta, 031 untuk Surabaya, dll) anda patut mempertanyakan kredibilitas toko online tersebut. Mengapa? Karena saat seorang pelanggan mendaftar instalasi telepon rumah, pihak Telkom akan meminta pelanggan untuk memasukkan informasi tentang perusahan, alamat, dan informasi krusial lain dengan benar, serta melakukan verivikasi. Kalau kita merasa tertipu, akan gampang melacaknya.
  • Jangan lupa untuk mengecek rating dari pembeli sebelumnya dalam bentuk komentar di situs tersebut, follower twitter, dan halaman facebook toko online tersebut. Jika sebelumnya ada banyak orang yang membeli di toko online tersebut dan puas akan pelayanannya, berarti transaksi anda akan aman.
2. Pastikan cek harga toko online lain.

Pastinya anda tak mau menyesal setelah melakukan transaksi bukan? Cek apakah ada toko lain yang membandrol barang yang sama dengan harga yang lebih miring. Lihat dengan benar, apakah barang merupakan barang asli atau hanya kualitas rendah/KW. Maka dari itu ada baiknya untuk mengecek "harga di toko sebelah". Siapa tahu anda mendapatkan harga yang lebih murah, bahkan jika dibandingkan dengan harga di toko fisik.

3. Cari Promo Terbaik.

Ini merupakan hal yang penting dalam berbelanja online. Saat ini setiap toko online memberi penawan khusus yang menggiurkan untuk menarik pelanggan mereka. Dengan iming-iming diskon besar, gratis biaya pengiriman, kupon hari spesial adalah beberapa senjata toko online untuk meluluhkan hati para pelanggan. Untuk itu, mulailah berburu kupon diskon dari berbagai toko online mulai sekarang, siapa tahu suatu saat anda membutuhkannya.

Namun, jangan termakan iklan dengan gampang, pastikan anda membaca dengan jeli syarat dan kondisi yang berlaku. Hitung dengan benar, apakah diskon yang diberikan memang benar ada atau hanya tipuan pihak toko untuk sekedar menarik pelanggan.


4. Periksa ulang halaman checkout sebelum melakukan transaksi.
Lihat lagi pesanan yang anda pilih. Apakah harga yang tertera di halaman anda memesan sudah sesuai dengan harga yang tertera pada halaman checkout beserta dengan promosi yang diberikan. Untuk menekan biaya yang mungkin anda keluarkan, cari toko online yang berani menggratiskan biaya pengiriman, terutama bagi anda yang berlokasi jauh.

Pastikan pula anda memilih metode pembayaran yang paling mudah bagi anda. Berikut beberapa metode pembayaran yang paling saya rekomendasikan.
  • Credit Card. Ini adalah pembayaran paling aman. Pihak toko sudah bekerja sama dengan pihak, jika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, anda bisa langsung menghubungi bank dimana kartu kredit anda diterbitkan.
  • COD (Cash On Delivery). pembayaran ini juga terbilang aman. Anda akan diminta membayar saat barang sudah sampai di tempat tujuan dengan dititipkan pada kurir.
  • Bank Transfer. Metode ini masih tergolong aman menurut saya meskipun bagi sebagian orang tidak.
Semoga informasi yang saya berikan ini bisa membantu teman-teman mengambil keputusan yang bijak saat berbelanja online. Jangan lupa, sebarkan ya!

Postingan populer dari blog ini

So, Do 'You Think' You Can Tame GG's 'Lion Heart'?

Catatan Di Tanah Pengabdian

Review: Top 5 Online Shop di Indonesia