Review: Top 5 Online Shop di Indonesia


Banyaknya Toko online yang berseliweran di dunia maya memang memberikan banyak pilihan kita untuk mencari barang yang paling sesuai. Namun, hal ini bisa saja malah membuat para calon pembeli menjadi semakin bingung memilih tempat belanja paling cocok dengan keinginan mereka. Jika beberapa waktu lalu saya memberi tips Berbelanja Online Aman, Mudah, dan Murah, kini saya akan mereview 5 toko online yang pernah saya masuki yang menurut saya paling recommended.

Note: Review ini berdasarkan pengalaman pribadi saya



1. Blibli.com
Toko belanja dengan konsep online mall yang dimiliki oleh Group Djarum ini sudah malang melintang di dunia e-commerce di Indonesia sejak tahun 2010. Menjadi salah satu pelopor e-commerece di Indonesia, Blibli menawarkan berbagai jenis pilihan barang; dari fashion, makanan dan minuman, produk elektonik, hingga keperluan sehari-hari dengan harga yang bersaing. Apalagi Blibli juga sering menjadi toko penjualan eksklusif beberapa produk smartphone.

Yang membuat Blibli mendapat peringkat pertama dalam daftar ini adalah karena mereka menawarkan Biaya Kirim Gratis ke seluruh wilayah Indonesia, tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Dengan puluhan ribu barang berkualitas yang terjamin keasliannya, saya sudah beberapa kali menjadikan Blibli sebagai tempat belanja favorit. Selain itu, saat ini Blibli juga menawarkan voucher belanja sebesar Rp. 100.000,-.


Kualitas Produk: 9
Harga: 8.5
Promo/Kupon: 8
Pengiriman: 9
Nilai: 8.6

2. Zalora.co.id
Berbelanja produk fashion secara online memang kadang sangat riskan. Berbeda dengan produk lainnya, membeli pakaian terkadang lebih ribet karena kita harus memastikan apakah baju sudah pas di badan kita atau tidak. Hal itu sangat diperhatikan oleh Zalora. Toko online dengan konsep Department Store ini menyediakan panduan informasi ukuran pakaian yang akan kita beli dengan lengkap. Jadi kita tinggal memilih ukuran pakaian yang biasa kita pakai. Jika kita masih kurrang yakin, Zalora memberikan tabel perbandingan ukuran pakaian dalam centimeter yang bisa kita gunakan sebagai pertimbangan.

Yang menjadi poin plus Zalora adalah, mereka berani memberikan fasilitas Gratis Biaya Kirim ke seluruh Indonesia. Meski harga sebagian pakaian yang di katalog mereka terbilang mahal, fasilitas ini bisa sedikit meringankan beban, apalagi ada juga promo potongan harga sebesar Rp. 75.000,- untuk anda yang pertama kali berbelanja. Selain itu, Zalora juga memberikan layanan Cash On Delivery (COD) secara cuma-cuma. Jadi jika anda lebih nyaman melakukan pembayaran saat barang sudah sampai di rumah, Zalora sangat cocok manjadi pilihan.


Kualitas Produk: 8
Harga: 8
Promo/Kupon: 8
Pengiriman: 9
Nilai: 8.3

3. Lazada.co.id
Saat pertama kali melakukan belanja online pada tahun 2012 lalu, Lazada merupakan toko online pertama bagi saya karena mereka memberikan berbagai macam voucher belanja yang besar dan juga pengiriman gratis bahkan ke Nusa Tenggara Timur, tempat saya waktu itu tinggal. Bahkan, hingga setahun setelahnya, Lazada menjadi toko online favorit saya. Namun, sejak namanya semakin berkibar, semua voucher dan fasilitas yang membuat saya betah belanja di Lazada mendadak hilang. Meski begitu, bukan berarti layanan Lazada menurun.

Meski konsep mereka adalah online mall, Lazada lebih dikenal sebagai toko online yang menjual handphoe. Karena itu, banyak vendor smartphone yang secara eksklusif menjual barang dagangan mereka di Lazada, tentu dengan berbagai promo yang membuat harga semakin murah dibanding toko lain. Namun, sayangnya biaya pengirimannya terbilang mahal.


Kualitas Produk: 8.5
Harga: 9
Promo/Kupon: 7.5
Pengiriman: 7.5
Nilai: 8,1
 


4. Elevenia.co.id
Elevenia adalah perusahan e-commerce patungan antara XL Axiata dengan SK Planet dengan konsep marketplace dimana ada banyak sekali penjual yang menjajakan produk dengan harga yang variatif. Jika anda jeli anda akan mendapatkan harga yang relatif murah. Namun, anda juga harus jeli, karena ada banyak barang dagangan yang tidak orisinal namun dengankualitas yang baik (KW). Namun, anda tak perlu khawatir karena pembelian di Elevenia dijamin aman. Semua pembayaran masuk melalui rekening Elevenia. Jika barang pesanan sudah sampai, anda wajib mengkonfirmasinya. Baru setelahnya akan diberikan kepada penjual. Jika barang tidak sampai hingga batas waktu yang ditentukan, anda berhak mengajukan pengembalian uang pembayaran.

Elevenia memberikan banyak ragam pilihan voucher, mulai dari voucher ongkos kirim, voucher toko, voucher pembelian, dan promo lainnya. Semua dengan syarat dan kondisi yang berlaku. Sayangnya, mereka tetap mengenakan biaya pengiriman dengan tarif normal.


Kualitas Produk: 8
Harga: 8.5
Promo/Kupon: 8
Pengiriman: 8
Nilai: 8.1

5. Tokopedia.co.id
Hampir sama dengan Elevenia, Tokopedia juga merupakan toko online dengan konsep marketplace. Ada begitu banyak pilihan produk dengan harga yang beragam pula. Perusahaan start-up ini menjamin keamanan setiap transaksi belanja yang dilakukan konsumen. Selain itu, Tokopedia juga memberikan kemudahan bagi konsumen untuk memantau pesanan yang telah dilakukan.

Tidak seperti Elevenia, sistem Tokopedia akan secara otomatis memberitahu pelanggan bahwa pengembalian dana yang telah ditransfer bisa segera dilakukan jika dalam batas waktu yang ditentukan pihak penjual tidak kunjung mengirim barang. Namun, sayangnya, tokopedia terlihat pelit voucher.


Kualitas Produk: 8
Harga: 8.5
Promo/Kupon: 7.5
Pengiriman: 8
Nilai: 8

Sekarang, tinggal kawan-kawan sendiri yang memutuskan toko online mana yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika masih takut berbelanja online, baca tips juga Berbelanja Online Aman, Mudah, dan Murah.


Postingan populer dari blog ini

So, Do 'You Think' You Can Tame GG's 'Lion Heart'?

Catatan Di Tanah Pengabdian