Indonesia Sehat, Indonesia Kuat!

Salah satu permasalahan terbesar dari masyarakat Kabupaten Manggarai adalah masalah akses kesehatan yang sangat sulit, melihat kondisi geografis daerah in adalah pegunungan dengan medan yang sangat ekstrim. Hal ini membuat sebagian besar masyarakat Manggarai merasa kesulitan saat mereka sakit dan butuh pengobatan yang cepat.

Melalui program Bakti Sosial berupa Pengobatan Gratis yang diadakan di Desa Wudi, Kecamatan Cibal oleh Puskesmas Ruteng yang bekerja sama dengan program "Jalinan Kasih" RCTI, saya dan beberapa guru SM-3T dari LPTK Uversitas Negeri Malang dan Universitas Negeri Semarang lainnya saling bahu-membahu untuk turut membantu masyarakat yang sedang sakit untuk dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang layak.

Beberapa pelayanan kesehatan yang diberikan meliputi; konsultasi kesehatan, pemeriksaan kesehatan, dan pemberian obat-obatan maupun vitamin. Selain itu, apabila terdapat pasien yang mengalami gangguan kesehatan yang berat, pihak panitia bakti sosial segera memberikan rujukan kepada pasien untuk berobat ke puskesmas ataupun rumah sakit.


Besarnya antusiasme masyarakat setempat akan program pengobatan gratis ini menunjukkan betapa pentingnya perhatian pihak terkait akan kesejahteraan masyarakat kabupaten Manggarai. Program ini diharapkan akan terus meningkatkan kesadaran masyarakatan akan pentingnya menjaga kesehatan diri.

Jika masyarakat sehat, maka Indonesia akan semakin kuat! Betul??

Postingan populer dari blog ini

So, Do 'You Think' You Can Tame GG's 'Lion Heart'?

Catatan Di Tanah Pengabdian

Review: Top 5 Online Shop di Indonesia